How To Digitize My Bald Man

08.13 dian 1 Comments


Assalamualaykum!

Hello everyone.

Heyyyaaahhh! Long time no post here. Sepertinya sudah berdebu sekali blog ini.
Maafkeun ya.

Padahal sudah berbulan-bulan yang lalu bersungguh-sungguh untuk update blog ini. Tetapi eh tetapi. Super duper sibuk!

Iya, selain ngerjain kerjaan kantor yang...ehem lumayan banyak, malamnya mesti berangkat ngajar. Maka jadilah manusia yang sok sibuk.

Nah! Mumpung punya kesempatan (padahal karena gak bisa tidur), kali ini saya akan membahas tentang artwok yang baru saja saya kerjakan.

Cuma gambar sederhana. Kebetulan ada request client (ceilah client bok!) minta gambar bosnya yang "katanya" berkepala botak. Dia juga request bosnya itu dibuat berbadan mini.

Well, begini akhirnya saya gambar bosnya dia....hihihi

Bald Head 1
Sebenernya saya bukan orang yang bisa gambar. Cuma pinter niru aja kok. Nah, kebetulan malam sebelum client request gambar, saya baru saja browsing di yusup (alah youtube!) How to Draw Yourself in 10 Animated Styles. Versi yang paling ngelekat di otak adalah versi Snoopy & Friends. Maka dari itu, Bald Head Man yang saya gambar ini mirip dengan versi Snoopy & Friends :D

Rasanya kurang dong kalo cuma manual saja gambarnya? Iya enggak sih?
Biar lebih greget lagi, saya mengubah gambar manual di atas menjadi seperti ini.

Bald Head Man 2

TARAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA! Gimana? Bagus kan? *deuh dikeplak*

Awalnya sih ngerasa oke, tapi kalo dipikir-pikir kok lehernya panjang ya?

Bald Head Man 3

Akhirnya lehernya saya buat pendek! LOL
Lucu ya? XD


Sekarang saya mau ngejelasin gimana sih step-stepnya bikin hand - drawn art kita jadi digital.
Sangat mudah! Ini buat sekala pemula ya :D seperti saya ini. Jadi maafkan jika ada yang kurang benar ^^, *peace*

1. Siapkan hand drawn artmu!
Disini kamu siapkan hand - drawn art mu. Kemudian, kamu scan menggunakan scanner. 
Tips! Karena gak semua orang punya scanner, kamu bisa kok pake kamera hp kamu, tapi harus ada pencahayaan yang cukup ya. Saya juga pake kamera hape untuk foto hand -drawn tetapi di bantu juga dengan lampu LED, jadi ketika dibuat sketch art digitalnya, hasilnya bagus.

Kamera hape juga ok!
2. Gunakan Adobe Illustrator
Adobe Illustrator yang saya gunakan adalah AI CS6
- Pertama buka foto hand drawnmu di AI


- Kedua klik segitiga di image trace, lalu pilih Sketched Art.


Nah kalau sudah selesai processingnya, hasilnya akan seperti dibawah ini.

Bagian yang hitam itu karena pencahayaan dari foto kurang baik. Itu mengapa sebelumnya saya sarankan jika menggunakan kamera handphone harus cukup pencahayaan.

Tetapi, gak usah khawatir. Kalau ga terlalu banyak seperti ini bisa kita hapus.

Setelah selesai, saya biasanya menyimpan dalam format AI dan mengedit kembali gambar saya di Photosop.
Gimana? Cukup mudahkan? Sekarang giliran kamu untuk mencoba ;)

Luvs,
Dian K.

You Might Also Like

1 komentar:

  1. Masih inget banget jaman smp dan smu dulu kalo pelajaran seni lukis, gw suka kabur karena ngak ada bakat melukis. Semua gambar yang aku bikin kesan nya malah berantakan ihik ihik

    BalasHapus